Tuesday, March 3, 2009

Kembali Rindu untuk Tanah Sunda

(Sintok-Kedah Malaysia/3rd March 2009)

Ini adalah awal Maret. Itu artinya, sudah masuk bulan ketiga aku berada di Negeri Bagian Kedah Malaysia, setelah sempat pulang break semester pada bulan November –Desember. Tugas kuliah semakin banyak, dan alhamdulillah aku sudah bisa menyicil sedikit demi sedikit biar tidak keteter. Ini adalah semester terakhirku di Universiti Utara Malaysia, mudah-mudahan Allah memberikan kemudahan dalam perjalanan studi ini. Walaupun hanya empat mata kuliah yang diambil, tapi bisa dibayangkan setiap mata kuliah ada tugas paper minimal 2, individual dan group project. Mata kuliah yang sedang diambil semester ini adalah Accounting, Research Methodology, Law and Ethics, serta Strategic Management.

Malam ini rinduku ke tanah sunda tak bisa terelakkan. Sebelum aku berangkat awal januari, suamiku tercinta Kang Yoppy Yohana, membawakan satu keping DVD berisikan lagu-lagu sunda. Katanya dibawa kalau kangen lagu-lagu sunda atau kangen mau pulang. Disaat tumpukan-tumpukan tugas yang belum selesai, sekejap kuperdendangkan lagu-lagu itu. Tenang rasanya, rinduku semakin dalam pada tanah kelahiranku ti tanah sunda. Rekanku dari Batak, ternyata juga menyukai lagu sunda. Begitu juga dengan rekan sekamarku yang berasal dari Padang-Sumatera Barat, juga tampak menikmati lagunya. Senang rasanya dua rekanku yang berbeda latar belakang budaya bisa menghargai budaya dan seni orang lain.

Kami pun tak terasa menyanyi bersama lagu sunda, temanku yang dari Batak tampak semangat menyanyikan lagu sunda dengan nada yang lumayan dan lirik yang banyak salah. Tapi aku tetap menghargai usahanya, paling tidak cita-citanya yang mulia menjadi sinden bisa terwujud setelah program Double master kami selesai di bulan Mei 2009.

Dan ini lagu yang kuhayati malam ini berjudul ”Sorban Palid”
Bagi teman-teman yang merasa orang Sunda, ataupun pecinta lagu-lagu Sunda, maka pasti tahu lirik dan nadanya.

SORBAN PALID

(NN)

*Akang haji sorban palid
Palidna ka Cikapundung
Akang Haji sumangga calik
Ulah osok kang haji
Babari pundung


Akang Haji sorban palid
Palidna mah ka Cikamiri
Akang Haji duh ulah balik
Ulah osok kang haji
Da nganyeunyeuri


Kaso pondok kaso panjang
Kaso ngraroyom ka jalan
Sono mondok sono nganjang sono patepang di jalan


Cukleuk leuweung cukleuk lamping
Jauh ka sintung kalapa
Lieuk deungeun lieuk lain
Jauh ka indung ka bapa


Kembali ke *

Nah itu dia liriknya, dan masih ada beberapa lagu-lagu sunda lain yang kami nikmati malam ini seperti: Mojang Priangan, Manuk dadali, Peuyeum Bandung, Teungteuingeun, Leungiteun, Neng Geulis dan Hariring kuring.

1 comment:

rudi hadiansyah said...

Alhamdulillah panginten ayeuna mah tos rengse kuliahna. Pamugi sing barokah